Pages

Rabu, 14 Agustus 2013

GAMBARAN SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN PADA PANTI ASUHAN NIRMALA BANDA ACEH PADA TAHUN 2012


GAMBARAN SANITASI PENGELOLAAN MAKANAN PADA PANTI   ASUHAN   NIRMALA   BANDA   ACEH   PADA TAHUN 2012 


1.1.  Latar Belakang
Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk melanjutkan kehidupan.  Makanan yang dibutuhkan harus sehat dalam arti memiliki nilai gizi yang optimal  seperti: vitamin, mineral, hidrat arang, lemak, dan lainnya (Djarismawati, 2004).
Penyelenggaraan makanan di  luar lingkungan keluarga diperlukan oleh  sekelompok konsumen karena berbagai hal tidak dapat makan bersama dengan  keluarganya di rumah. Mereka itu dapat terdiri dari para karyawan pabrik atau  perusahaan, pekerja perkebunan, para prajurit, orang sakit, penghuni asrama atau panti  asuhan, narapidana, dan sebagainya (Moehyi, 1992).
Dalam  Ensiklopedia Indonesia (1982) yang dimaksud dengan higiene adalah ilmu yang berhubungan dengan masalah kesehatan, serta berbagai usaha untuk mempertahankan atau untuk memperbaiki kesehatan. Higiene juga mencakup  upaya perawatan kesehatan diri, termasuk ketetapan sikap tubuh. Upaya higiene mencakup perlunya perlindungan bagi pekerja yang terlibat dalam proses pengolahan makanan agar terhindar dari sakit, baik yang disebabkan oleh penyakit pada umumnya, penyakit akibat kecelakaan ataupun penyakit akibat prosedur kerja yang tidak memadai (Depkes, 2006).
Apabila ditinjau dari kesehatan lingkungan, pengertian higiene adalah usaha kesehatan yang mempelajari pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan manusia, upaya mencegah timbulnya penyakit karena faktor  lingkungan. Ke  dalam pengertian tersebut termasuk pula upaya melindungi, memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan manusia (perorangan/individu dan masyarakat), sedemikian rupa sehingga berbagai faktor linkungan yang tidak menguntungkan tidak sampai menimbulkan penyakit (Fathonah, 2005). 
Masalah sanitasi makanan sangat penting, terutama di  tempat-tempat umum yang erat kaitannya dengan pelayanan untuk orang banyak. Terdapat 4 (empat) faktor  yang memungkinkan terjadinya penularan penyakit melalui makanan, yakni perilaku  yang tidak higienis, adanya sumber penyakit menular, adanya media (makanan dan  minuman), dan resipienal (D.Anwar Musadad, 1995).
Makanan dapat merupakan sumber penularan penyakit apabila kebersihan
dalam penyelenggaraan makanan tidak dipelihara sebagaimana mestinya. Makanan  harus murni dan utuh dalam arti tidak mengandung bahan pencemar serta harus higiene. Bila salah satu faktor tersebut terganggu makanan yang dihasilkan akan menimbulkan gangguan kesehatan dan penyakit bahkan keracunan makanan (Tarwojo,  1998).
Daya tahan tubuh yang menurun pada lanjut usia (lansia) merupakan salah satu  fungsi sistem tubuh yang terganggu dengan bertambahnya umur seseorang (proses menua), walaupun tidak selamanya hal ini disebabkan oleh proses menua, tetapi dapat pula karena berbagai keadaan seperti penyakit yang sudah lama diderita (menahun) maupun penyakit yang baru saja diderita (akut) dapat menyebabkan penurunan daya  tahan tubuh seseorang (Siburian, 2009).
Akibat proses menua, sistem daya tahan (sistem imun) tubuh akan berkurang fungsinya, yang mana sistem imun tidak bereaksi secepat atau seefisien yang didapati pada usia yang lebih muda. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi pada sistem imun meliputi perubahan di dalam sel, perubahan kimiawi dan protein pada pembungkus (membran) sel, maupun pada organ tubuh (Siburian, 2009).
Panti asuhan merupakan tempat tinggal untuk para lanjut usia yang tidak tinggal  bersama dengan keluarganya, seperti asrama yang menampung para lanjut usia untuk tinggal (Octavia, 2007). Sehinggga standar higiene dan sanitasi makanan penting dalam penyelenggaraan makanan untuk lansia supaya makanan yang dimakan aman dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan (Sujatmiko, 2009).
Dari  uraian  tersebut diatas, saya sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat ingin mengangkat penelitian dengan judul “Gambaran Sanitasi Pengelolaan Makanan Pada Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh pada tahun 2012”.

1.2.  Rumusan Masalah
Berdasarkan ruang lingkup permasalahan yang telah diungkapkan di atas, maka rumusan masalah yang dapat penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Pola Gambaran Sanitasi Pengelolaan Makanan Pada Panti Asuhan Nirmala Banda Aceh”.




DAFTAR PUSTAKA

Depkes. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit.  Jakarta: Direktorat Jendral Bina Gizi Kesehatan Masyarakat. Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2006.

Djarismawati dkk. Pengetahuan Dan Perilaku Penjamah Tentang Sanitasi Pengolahan Makanan  Pada Instalasi Gizi Rumah Sakit Di Jakarta,  2004.  Didownload  20 Januari 2010 pada http: / / www. litbang. depkes. go.id /media /data / sanitasi.pdf.

Fathonah, Siti.  Bab I Higiene Dan Sanitasi Makanan,  2005. Didownload 25 Januari 2010 pada  http://ocw.unnes.ac.id/ocw/tjp/s1-pkk/higiene-sanitasi- makanan/ bahan- ajar / bukuilmI . pdf

Moehyi, Sjahmien.  Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga.  Jakarta: Bhratara Karya Sastra, 1992.

Musadad, D Anwar.  Perilaku Petugas dalam Pengelolaan Makanan di Rumah Sakit. 1995.  Didownload 15 Januari 2010 pada http://www.cerminduniakedokteran.com/14PerilakuPetugas100.html

Octavia, Sherly.  Panti Werda,  2009. Didownload 15 Januari 2010 pada http://library.gunadarma.ac.id/index.php?appid=penulisan&sub=detail&npm=10500357&jenis=s1fpsi
Siburian, Pirma. Dapatkah Daya Tahan Lansia Ditingkatkan?,                                  2009. Didownload 03 Januari  2010 pada http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=21 35:dapatkah-daya-tahan-lansia-ditingkatkan & catid = 2 8 : kesehatan & Itemid=48

Tarwotjo, Soejoeti. Dasar-Dasar Gizi Kuliner. Jakarta: Grasindo, 1998.

Widyati, Retno dan Yuliarsih.  Higiene dan Sanitasi Umum dan Perhotelan.  Jakarta: Grasindo, 2002.



DOWNLOAD FILE DI SINI
KHASANAH ILMU
JUJUR - MUDAH - MURAH
http://khasanahilmuu.blogspot.com/2013/08/

1 komentar:

  1. Daftar Kesini Yuk!

    Bonus 100% Sabung Ayam 7x Win Lohh!

    Dengan Minimal Deposit 100.000 Dan Maksimal Bonus Yang Didapatkan 1.000.0000

    AYO BURUAN BERGABUNG MENJADI MEMBER ZEUSBOLA!

    Gak Bakalan Nyesal Dehhhhh

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About